Peningkatan Kuantitas Produksi Dan Pemasaran Keripik Berbasis Teknologi Tepat Guna Pada Umkm Untung Mesary
DOI:
https://doi.org/10.46837/binacipta.v4i2.65Keywords:
Production capacity building, marketing strategy, appropriate technology, MSMEsAbstract
Peningkatan kebutuhan akan teknologi modern di sektor usaha kecil telah mendorong pengembangan berbagai solusi inovatif yang bertujuan untuk mengoptimalkan proses produksi dan pemasaran. Program pengabdian masyarakat ini bertujuan untuk memperkuat kapasitas produksi dan strategi pemasaran bagi Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) "Untung Mesary" yang berlokasi di Jasri Subagan, Karangasem. Program ini mengusung pendekatan berbasis teknologi untuk meningkatkan efisiensi dalam produksi dan pemasaran, dengan fokus pada penerapan metode yang efektif, tepat sasaran, dan berkelanjutan. Kegiatan utama dalam program ini meliputi pengenalan teknologi untuk proses pemotongan, pengeringan, dan pengemasan produk, serta pelatihan pemasaran digital, penggunaan media sosial, dan pemanfaatan platform e-commerce. Selain itu, melalui kemitraan yang erat dengan petani lokal, pelatihan ini juga membuka peluang baru dalam wirausaha, dengan menyediakan akses ke bahan baku berkualitas yang mendukung terciptanya ekosistem bisnis yang berkelanjutan. Dengan demikian, pelatihan ini tidak hanya bertujuan untuk meningkatkan kualitas produksi, tetapi juga berkontribusi pada keberlanjutan ekonomi dengan memperkuat kewirausahaan dan memperluas jangkauan pasar secara signifikan.
References
Adolph R. Peningkatan Usaha Keripik Singkong Berbasis Teknologi Tepat Guna Menuju UMKM yang Berdaya Saing Pasca Pandemi. 2016;1–23.
Fauziah, Syifa et al. Dasar-dasar Kewirausahaan: Teori dan Panduan Berwirausaha. PT. Sonpedia Publishing Indonesia; 2024.
Heldayanti, Hanafie U, Rosni M. Developing Strategy of Borneo Cassava Chips Business in Cindai Alus Village. J TAM Front Agribisnis. 2022;5(1):1–8.
I Gusti Ayu Ari Agustini, Billy Tanius. Elevating the Small and Medium Enterprises at Bongan Village by Optimizing the Use of Gonda Plant. ADPEBI Int J Bus Soc Sci. 2022;2(2):85–95.
Ilham MA, Santoso NZ, Nurhatawati F, Pinanda L, Chamidawati T, Hassanah U, et al. Pengembangan Bahan Pangan Singkong Menjadi Tepung Mocaf Sebagai Alternatif Produk Unggulan Umkm Desa. J Agric Res. 2022;3(1):45–59.
Panggabean EF, Yunas HA, Taufiqurrahman, Nurbaiti. Perkembangan Teknologi E-Business Terhadap Globalisasi Modern Pada Saat Ini. J Manaj dan Ekon Kreat. 2023;2(1):132–9.
Pramudia H, Billy Tanius. Pembuatan Teh Celup Beras Merah Sebagai Divesifikasi Produk Unggulan Desa Wisata Jatiluwih Bali. INSPIRE J Culinary, Hosp Digit Creat Arts Event. 2024;2(1):1–8.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Billy Tanius, Kusumaningrum, Ari Agustini I Gusti Ayu

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.






