PENYULUHAN POTENSI WISATA EDUKASI PETANI GARAM DI DESA JUMPAI KECAMATAN KLUNGKUNG
DOI:
https://doi.org/10.46837/binacipta.v3i2.52Keywords:
Wisata Edukasi, Potensi Wisata, MasyarakatAbstract
Pengabdian kepada masyarakat di laksanakan di Desa Jumpai Kecamatan Klungkung Kabupaten Klungkung. Permasalahan yang timbul dimasyarakat adalah kekhawatiran akan punahnya pembuatan garam secara tradisional dan kurangnya pemahaman masyarakat tentang potensi wisata yang dimiliki oleh Desa Jumpai. Tujuan dari pelaksanaan pengabdian ini adalah penyuluhan potensi wisata edukasi petani garam di Desa Jumpai Kacamatan Klungkung. Dalam pengabdian ini dilakukan dengan metode ceramah dengan membahas dua topik yang pertama memberikan pengetahuan tentang potensi wisata di Desa Jumpai dan yang kedua tentang potensi wisata edukasi tentang pembuatan garam tradisional di Desa Jumpai. Hasil yang diperoleh dari kegiatan pengabdian adalah menambah pengetahuan dan keterampilan dalam mengelola daya tarik wisata. Kegiatan pengabdian sesuai dengan kebutuhan masyarakat, dan masyarakat memperoleh pengetahuan tentang potensi yang bisa dikembangkan dan solusi untuk pembuatan garam secara tradisional tetap eksis melalui pembuatan kegiatan aktivitas wisata edukasi membuat garam secara tradisional.
References
Fandeli,C. 2002. Perencanaan Kepariwisataan Alam. Yogyakarta. Fakultas Kehutanan Universitas Gajah Mada.
Hakim, Mutiara Firdausy. 2019. Motivasi Wisatawan Berbagi Pengalaman Wisata Melalui Instagram (Studi Kasus pada Pantai Padang-Padang, Badung). Jurnal IPTA. Vol. 7 No. 2
Hendi Prasetyo. 2023. Urgensi Destinasi Wisata Edukasi Dalam Mendukung Pariwisata Berkelanjutan Di Indonesia. Kepariwisataan : Jurnal Ilmiah Volume 17 Nomor 2
Rendy, Sarudin. 2023. Pengembangan Pariwisata Berbasis Masyarakat di Kampung Saungkuriang Kota Tangerang. Jurnal Manajemen Perhotelan Dan Pariwisata. Volume 6. ISSUE 1.
Sinta Devi, Ida Ayu. 2018. Potensi Objek Wisata Edukasi Di Kabupaten Gianyar. Jurnal Bosaparis: Pendidikan Kesejahteraan Keluarga Volume 9, Nomor 2.
Tambak, Syahraini. 2014. Metode Ceramah Konsep dan Aplikasi Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Jurnal Tarbiyah, Volume 21, Nomor 21